Minggu, 08 Februari 2015

Macam-Macam Rumus pada Microsoft Excel 2007

1.           Fungsi SUM
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya
=SUM(number1,number2,..)
2.           Fungsi AVERAGE
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata, penulisannya
: =AVERAGE(number1,number2,…)
3.           Fungsi MIN
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =MAX(number1,number2,…)
4.           Fungsi MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :  =MAX(number1,number2,…)
5.          Fungsi HLOOKUP
Digunakan untuk membaca tabel / range secara horizontal, penulisannya :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
6.          Fungsi VLOOKUP
Digunakan untuk membaca tabel / range secara vertikal (VLOOKUP), penulisanya :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
7.          Fungsi / Function COUNTIF
Digunakan untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan ciri-ciri / kriteria tertentu. Penulisannya : =COUNTIF(range;kriteria).
Misalnya menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remedi. =COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. Jadi, hasilnya adalah total siswa yang remidi.
8.          Fungsi AND
Fungsi AND menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang di uji bernilai BENAR dan akan bernilai FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH.
Misal : Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.

9.         9. Fungsi NOT
Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR
Penulisan : =NOT(argument)
10.     Fungsi VALUE 
Digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text, penulisannya:  =VALUE(text)
11.     Fungsi FIND
Digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
12.     Fungsi MID
Digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya: =MID(text,posisi awal,jumlah karakter.
13.     Fungsi REPLACE
Digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter), penulisan : =REPLACE (…)
14.     Fungsi CONCATENATE
Digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string, penulisannya =CONCATENATE(text1,text2,…)
15.     Fungsi STEDEV
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =STEDEV(number1,number2,…)
16.     Fungsi VAR
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =VAR(number1,number2,…)
17.     Fungsi LEFT
Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan hasil beberapa huruf paling kiri. Text di sini merujuk kepada text yang akan diambil. Bisa berupa nilai sel ataupun langsung diketikkan textnya di situ, tapi dengan menambahkan tanda petik dua (") di awal dan di akhir text,  =LEFT(text)
18.     Fungsi RIGHT
Fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi LEFT, yaitu mengambil beberapa karakter yang dimulai dari kanan. Rumusnya mirip sekali dengan fungsi LEFT yaitu:
=RIGHT(text)
19.     Fungsi LEN
Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam sebuah text. Rumusnya adalah: =LEN(text)
20.     Fungsi UPPER
Fungsi ini akan membuat semua text yang ada di sel menjadi huruf besar semua. penulisannya: = UPPER(text)
21.     Fungsi LOWER
Fungsi ini kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu menjadikan huruf kecil semua. Penulisannya: =LOWER(text)
22.     Fungsi PROPER
Fungsi ini akan membuat teks menjadi huruf besar di karakter pertama di setiap kata. Penulisannya: =PROPER(text)
23.     Fungsi BAHTTEXT
Mengubah angka ke dalam bentuk teks. Namun hanya beberapa saja yang dapat di rubah. Penulisan : =TTEXT(…)
24.     Fungsi FACT
Menyatakan faktorial dari suatu bilangan. Penulisan : =FACT(…)
25.     Fungsi GCD
Menyatakan pembagi umum terbesar. Penulisan : =GCD(number1, number2,…)
26.     Fungsi LN
Menyatakan logaritma natural dari suatu bilangan. Penulisan : =LN(number)
27.     Fungsi RAND
Menyatakan jumlah real secara acak merata lebih besar dari atau sama dengan 0 dan <1. Sebuah bilangan real baru secara acak akan diperlihatkan setiap kali lembar kerja dihitung. Penulisan : =RAND(…)
28.     Fungsi CEILING
Menyatakan jumlah pembulatan, jauh dari nol, ke kelipatan terdekatnya. Penulisannya =CEILING(…)
29.     Fungsi SQRT
Untuk menghitung akar dari bilangan yang positif tidak boleh negatif. Penulisan : =SQRT(…)
30.     Fungsi INT (number)
Untuk pembulatan angka ke bawah dari suatu nilai integer / bulat. Penulisan : =INT(number)
31.     Fungsi CHAR
Untuk menyatakan karakter yang telah ditentukan menggunakan suatu kode angka. Penulisan : Syntax =CHAR(number)

32.     Fungsi OR
Fungsi Menghasilkan TRUE jika beberapa argument bernilai BENAR dan FALSE jika semua argument SALAH


33.     Fungsi SINGLE IF

Fungsi Menguji kebenaran suatu kondisi, contoh kasus



34.     Fungsi MULTI IF

Fungsi hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi. contoh kasus



35.     Fungsi AREAS

Fungsi Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu referensi (alamat sel atau range yang di sebutkan). Contoh kasus 



36.     CHOOSE

Fungsi Menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks atau urutan pada suatu referensi (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range.



37.     Fungsi MATCH

Fungsi menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data. contoh kasus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar